» Home » Penyakit dalam » Hipertensi/Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi/Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi / Teakanan Darah Tinggi

Seringkali orang awam salah mengartikan antara tekanan darah tinggi dengan kelebihan darah, atau antara tekanan darah rendah dengan kurang darah.

Kelebihan/kekurangan darah adalah berkaitan dengan jumlah sel darah didalam tubuh kita, sedangkan tekanan darah berkaitan dengan pompa jantung dan tahanan pembuluh darah.

Dengan demikian maka Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah tekanan darah sistolik >140 mmHg dan diastolik >90 mmHg. mm Hg adalah satuan yang digunakan untuk tekanan darah; “mm“ adalah singkatan untuk “milimeter“, dan “Hg“ adalah simbol kimia untuk air raksa yakni bahan yang digunakan dalam tabung gelas kecil untuk mengukur tekanan darah.

Tekanan darah sistolik adalah tekanan darah pada waktu jantung memompa darah untuk dialirkan ke seluruh organ tubuh melalui pembuluh darah.

Tekanan darah diastolik adalah tekanan darah sewaktu darah melalui pembuluh darah balik dari organ tubuh kembali mengisi jantung.

Tekanan darah cenderung berubah-ubah, sehingga dokter secara umum membuat diagnosis tekanan darah tinggi setelah dia melakukan pemeriksaan berulang-ulang pada waktu yang berbeda.

Hipertensi sering tanpa gejala, dan mendapat sebutan “pembunuh tersembunyi (silent killer)“.

Hipertensi adalah faktor risiko utama untuk stroke, penyakit jantung, penyakit ginjal dan gangguan sirkulasi perifer.

Hipertensi juga berkaitan dengan hiperkolesterol (Kadar lemak darah tinggi). Kolesterol cenderung berakumulasi dalam dinding pembuluh darah (paling sering pada bagian dalam), sehingga aliran darah melambat menimbulkan tahanan pembuluh darah meninggi dan mengakibatkan tekanan darah meningkat.

Untuk mengelola tekanan darah dan mengurangi minum obat-obat penurun tekanan darah, seseorang sebaiknya :

  • Mengurangi berat badan jika mengalami kelebihan berat badan;
  • Mengurangi masukan garam;
  • MlLakukan olah raga. Jenis olah raga yang dianjurkan jalan santai, renang santai, senam;
  • Tidur selama 6 -7 jam setiap hari;
  • Jangan merokok;
  • Hindari minuman beralkohol; dan
  • Hindari stres.

Tidak ada kesembuhan bagi banyak orang yang memiliki tekanan darah tinggi, oleh karena itu penyakit hipertensi melekat seumur hidup.

Konsultasikan segera dengan dokter ahli kami di Klinik Utama dr. Indrajana jika anda memiliki penyakit hipertensi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.