» Home » Asma & alergi » Tes IgE Spesifik

Tes IgE Spesifik

Tes IgE Spesifik adalah pemeriksaan kadar IgE spesifik (alergen tertentu) dalam darah.

Kadang karena sesuatu hal, kulit penderita kurang sensitif atau sangat sensitif terhadap tes kulit. Seperti pada bayi atau orang tua, pasien yang tidak bisa lepas obat anti alergi, dan sebagainya. Dalam hal ini dilakukan pemeriksaaan IgE spesifik terhadap alergen tertentu dalam sampel darah, yang diperiksa dengan metode ELISA (Enzyme Linked Immuno Sorbent Assay) di laboratorium dengan alat autoanalyzer.

Tes IgE Spesifik umumnya dilakukan pada pasien dengan gangguan alergi pada:

• Mata (misalnya Konjungtivitis Alergi dengan gejala mata gatal, merah, berair);
  • Hidung (misalnya Rhinitis Alergi dengan gejala bersin, berair, gatal, mampet);
  • Saluran napas (misalnya Asma Bronkial dengan gejala pilek, batuk, sesak);
  • Tenggorokan (misalnya Batuk dengan gejala  tenggorokan gatal, banyak lendir/meradang);
  • Kulit (misalnya Dermatitis Atopi/eksim, biduran/kaligata dengan gejala kulit gatal, bentol merah, coklat sampai hitam kering, bersisik); dan
  • Saluran pencernaan dengan gejala mual, muntah, diare, perut keram.

Disamping itu IgE spesifik dapat memeriksa alergen hirup dan makanan.

Keunggulan tes ini adalah dapat dilakukan pada semua umur dan tidak dipengaruhi obat-obatan.

Kami di Laboratorium Biolisa memiliki Alat Modern ImmunoCAP IgE SP dan merupakan tempat Rujukan Nasional untuk test IgE Spesifik. Silahkan datang ke Klinik Utama dr. Indrajana dan Laboratorium Biolisa untuk mendapatkan test IgE Spesifik yang akurat dan reliable.

ImmunoCAP IgE SP