» Home » Asma & alergi » Asma Alergi Pada Anak

Asma Alergi Pada Anak

Apabila kita mendengar kata asma, kita pasti berfikir seseorang dengan kesulitan pernapasan. Secara definisi, asma adalah suatu penyakit peradangan kronis saluran napas, dimana otot polos dalan saluran napas berkontraksi berlebihan dan memberi reaksi tidak normal atau berlebihan terhadap rangsangan dari luar, misalnya tungau debu rumah, asap, bulu hewan, dan sebagainya. Secara klasik reaak berlegihan yang didapatkan adalah batuk, sesak napas, dada terasa tertekan, napas bunyi (mengi), banyak dahak.

Perlu perhatian khusus pada anak jika terdapat gejala batuk kronis, terutama saat-saat tertentu, misalnya malam hari menjelang pagi atau dini hari, maka ada kemungkinan besar anak menderita asma.

FAKTOR PENCENTUS ASMA PADA ANAK

• Genetik / keturunan;
  • Alergi yang disebabkan oleh alergen antara lain debu rumah, tungai debu rumah, bulu binatang, makanan, obat-obatan, asap, dan sebagainya;
  • Infeksi saluran napas (batuk, tenggorokan gatal, pilek, flu dsb);
  • Aktifitas fisik;
  • Stress; dan/atau
  • Perubahan cuaca

BAGAIMANA SEBAIKNYA TATA LAKSANA PENGOBATAN ASMA PADA ANAK ?

• Mengenali, mengindari & meminimalkan faktor pencentus asma dan memberi pengobatan sesuai dengan gejala berat ringannya asma; serta
  • Komunikasi, informasi, edukasi bagi anak dan keluarga

PRINSIPNYA TUJUAN UTAMA PENGOBATAN ASMA PADA ANAK ADALAH

• Bebas dari gejala asma sepanjang hari;
  • Anak dapat tidur dengan nyenyak;
  • Memaksimalkan fungsi paru;
  • Anak dapat beraktifitas normal;
  • Tak ada kunjungan ke Unit Gawat Darurat atau perawatan rumah sakit, sehingga diharapkan angka absensi sekolah berkurang; dan
  • Menggunakan sedikit mungkin obat sehingga dapat mengurangi efek samping obat tersebut.

Perlu dipahami bahwa Asma memang sulit disembuhkan, namun dapat dikontrol atau dikendalikan. Bekerjasamalah dengan dokter untuk  membuat rencana pengobatan.

TETANG TUNGAU/KUTU DEBU RUMAH :

• Bintang yang sangat kecil, tidak dapat dilihat tanpa bantuan mikroskop;
  • Hidup di tempat panas & lembab;
  • Makanan tungau adalah serpihan kulit manusia; dan
  • Terdapat di kasur / bantal kapuk, karet / sofa kain.

Kotoran tungau yang terhirup ( bahkan tungau tertelan ) menimbulkan bermacam- macam reaksi alergi.

Anak anda mengalami gejala asma? Jangan sampai bertambah parah. Konsultasikan segera dengan dokter ahli kami di Klinik Utama dr. Indrajana supaya faktor-faktor pencetus bisa segera diketahui dan ditangani secara profesional.